BEASISWA S1 AL AZHAR MESIR 2024

Merujuk Pengumuman Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tentang Uji Kompetensi (Ikhtibâr Tashfiyah/Tahdîd Mustawâ) bagi Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) Universitas Al-Azhar Mesir tahun 2024, Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA)/Markaz Syekh Zayed Cabang Indonesia, sebagai lembaga yang diberi amanah melaksanakan uji kompetensi dimaksud, menyampaikan tahapan-tahapan uji kompetensi.

PERSYARATAN

  1. Uji Kompetensi dilaksanakan untuk menjaring CAMABA Universitas Al-Azhar program beasiswa Al-Azhar dan non beasiswa (mandiri).
  2. Calon peserta uji kompetensi harus memenuhi syarat sebagai berikut:
    a. warga negara Indonesia (WNI);
    b. berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur;
    c. memiliki ijazah Madrasah Aliyah, atau Pendidikan Diniyah Formal Ulya, atau Satuan Pendidikan Muadalah, atau sederajat dari pondok pesantren yang telah terdaftar/terakreditasi di Kementerian Agama RI;
    d. ijazah yang diterima untuk pendaftaran adalah ijazah yang pada tahun 2024 ini tidak melebihi batas 3 (tiga) tahun sejak tanggal dikeluarkan;
    e. memiliki kompetensi Bahasa Arab dan penguasaan ilmu-ilmu keislaman;
    f. memiliki komitmen kebangsaan yang kuat dan wawasan moderasi beragama.

BIAYA PENDAFTARAN

  1. Biaya mengikuti ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan tes wawasan kebangsaan sebesar Rp450.000 (empat ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Biaya tersebut dibayar melalui transfer ke nomor rekening virtual yang diberikan secara otomatis melalui nomor WA pendaftar setelah mengisi form pendaftaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui mesin ATM, teller bank, internet banking, mobile banking, Alfamart, dan Indomaret.
  3. Pendaftar akan menerima pemberitahuan dari admin jika biaya pembayaran sudah diterima oleh admin.
  4. Jika dalam waktu 1 x 24 jam pendaftar belum melunasi pembayaran, nama dan data pendaftar akan terhapus secara otomatis dari sistem pendaftaran laman MSZ Cabang Indonesia, dan yang bersangkutan harus mengulang prosedur pendaftaran jika ingin melanjutkan pendaftarannya.

MEKANISME & JADWAL

  1. Seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu (a) ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan (b) tes wawasan kebangsaan (bagi peserta yang lolos tahap pertama).
  2. Dalam mengikuti ujian, peserta bisa menggunakan perangkat handphone atau laptop yang harus terinstal aplikasi peramban google chrome dan zoom meeting, serta didukung jaringan internet yang kuat dan stabil.
  3. Ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan dilaksanakan pada Senin, Selasa, dan Rabu (27, 28, dan 29 Mei 2024) secara serempak dan daring. Ujian ini terdiri dari tes tulis (tahriri) yang dilakukan dengan menggunakan google chrome dan tes wawancara (syafawi) melalui aplikasi zoom meeting.
  4. Hasil ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan diumumkan pada Selasa, 04 Juni 2024.
  5. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bagi peserta yang lolos tahap pertama akan dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 06 dan 07 Juni 2024, pukul 09.00 WIB s/d selesai dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.
  6. Hasil akhir seleksi akan diumumkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

TAHAPAN & MATERI SELEKSI

  1. Tahap Pertama: Ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ merupakan tes uji kompetensi Bahasa Arab yang mencakup kemahiran dalam membaca, menulis, mendengarkan, kaidah, dan balaghah. Dalam ujian ini peserta juga akan diwawancara langsung oleh penguji dari Pusat Bahasa Al-Azhar Kairo.
  2. Tahap Kedua: Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap pertama atau ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan mengikuti ujian tahap kedua yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  3. Peserta yang tidak mengikuti salah satu tahapan seleksi ini tanpa pemberitahuan, dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke proses berikutnya.
  4. Nilai kelulusan final adalah perpaduan antara nilai seleksi ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

DEADLINE 24 Mei 2024

LINK APPLY https://registrasi.pusiba.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *