Preaload Image

Istanbul University, “Leadership in Higher Education for Centuries”

Hi manteman…

Bagaimana kabarnya?

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Aamiin……

Pernahkah teman-teman terbayang untuk meneruskan jenjang studi perguruan tinggi di Turki? Sudahkah teman-teman mendapat informasi tentang universitas-universitas di Turki dengan segala aktifitasnya? Kali ini, YBB team akan mencoba mengupas salah satu universitas ternama di Turki.

Universitas Istanbul (İstanbul Üniversitesi) adalah satu satu universitas di Turki yang namanya sering terdengar di telinga kita atau sering juga kita lihat informasinya di berbagai media baik nasional ataupun internasional. Universitas ini merupakan universitas tertua di Turki yang didirikan oleh sang penakluk, Sultan Muhammad II (Fatih Sultan Mehmet) satu hari setelah penaklukan Kostantinopel yaitu pada 30 Mei 1453. Pada awalnya, universitas ini bernama Sahn-ı Seman yang mengajarkan berbagai disiplin ilmu agama dengan sistem madrasah. Setelah mengalami revolusi dengan berbagai tuntutan ilmu pengetahuan modern yang juga harus diajarkan disini seperti kedokteran, matematika, geografi, sejarah, hukum, dll, institusi pendidikan ini berganti nama menjadi Darülfünûn (Rumah berbagai ilmu) pada 23 Juli 1846. Pergantian nama pun terus berlanjut menjadi Darülfünûn-u Osmanî pada 1863, kemudian  Darülfünûn-u Sultanî pada 1874, dan tahun 1900 Darülfünûn-u Şahâne, lalu pada 20 April 1912 menjadi  İstanbul Darülfünûnu.

Waktu terus berjalan dan revolusi yang sangat bersejarah pun terjadi pada tahun 1923 dengan didirikannya Negara Republik Turki. Pada 21 April 1924, Pemerintah Turki menjadikan institusi ini sebagai Institusi pemerintah dengan otonomi administratif modern. Akhirnya pada 1 Agustus 1933, institusi ini resmi berubah nama menjadi Universitas Istanbul seperti yang kita kenal pada saat ini.

Universitas yang fenomenal ini mempunyai berbagai kampus yang tersebar di berbagai daerah di Istanbul dengan fakultas yang sangat beragam. Kampus pusat dari Universitas ini terletak di daerah Beyazit Square. Ketika kita berjalan di sekeliling tempat ini, kita akan menemukan salah satu masjid besar disana yang bernama masjid Beyazit yang merupakan anak Sultan Muhammad 2. Di sebelah sisi lain, terdapat pintu gerbang kampus utama universitas Istanbul. Gambar gerbang ini dulu terdapat dalam uang pecahan uang 500 Turkish Lira versi lama.

 

Selama berabad-abad, Perguruan tinggi ini selalu eksis dan menjadi perhatian banyak orang khususnya di Negara Turki sendiri. Dengan waktu yang sangat lama dalam berkontribusi di bidang pendidikan ini, Universitas Istanbul telah melahirkan banyak sekali tokoh yang berkiprah baik dalam skala nasional Turki ataupun Internasional. Beberapa tokoh lulusan universitas ini adalah: Abdullah Gül (Presiden Republik Turki ke-11 dengan masa jabatan 2007-2014), Yitzhak Ben-Zvi (Presiden Israel ke-2 dengan masa jabatan terpanjang di Israel 1952-1963), Davıd Ben-Gurion (Perdana Mentri pertama Israel), Refik Saydam, Yıldırım Akbulut, Sadi Irmak, Suad Hayri Ürgüplü, Nihat Erim (Ke lima-limanya juga pernah menjabat sebagai Perdana Mentri Republik Turki) dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Dilansir dari Ranking web of  Universities, Universitas Istanbul merupakan universitas dengan urutan ke-6 di Turki dan dari QS Top Universities diurutan ke-9. Tidak hanya itu, banyak fakultas yang terdapat di Universitas Istanbul juga menempati ranking atas dari fakultas-fakultas lainnya di berbagai universitas di Turki.

Itulah sedikit perkanalan tentang Universitas Istanbul. Tertarik untuk melanjutkan studi disini? Ayo bercita-citalah setinggi mungkin dan gapai impian kamu. Do your best and be the best!

Salam dari Istanbul.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *