Preaload Image

Jelajah Istana Kapas di Turki

September akhir adalah akhir masa musim panas juga di Turki. Pertanda cuaca di Negeri dua benua ini tidak lagi terlalu panas, mulai berganti dengan angin sepoy-sepoy yang berhembus siang dan malam. Daun-daun pun juga akan mulai berguguran di musim gugur hingga pada akhirnya ranting-ranting pohon menjadi rontok pada musim dingin dimana salju berturunan menghiasi bumi.

Pada saat itu pula, saya mencoba menjelajah bumi yang penuh dengan keindahannya di daerah Turki bagian barat, Denizli. “Ayam Jago” Menjadi maskot kota bersejarah ini. Pariwisata menjadi salah satu industri terbesar di Denizli. Di kota ini pula ada salah satu warisan keindahan dunia yang disebut dengan Pamukkale. Secara harfiyah, Pamukkale adalah kata dalam bahasa Turki yang mempunyai arti “Benteng Kapas.” Pamukkale adalah kolam air mineral yang bersusun. Tempat ini juga disebut dengan Cotton Castle atau Kastil Kapas. Pamukalle kadang-kadang juga disebut Cleopatra’s Pool atau kolam renang Cleopatra. Disebut begitu karena ada kisah Cleopatra, Ratu Mesir, pernah berenang di situ.

Berabad-abad lamanya, banyak orang yang mandi di kolam disana dan hingga kini pun juga masih banyak yang melakukannya. Untuk menuju puncak atas, bisa melalui dua jalur; melalui pintu masuk atas dan pintu masuk bawah. Yang lebih seru adalah ketika kita masuk melewati pintu masuk bawah dan kita menaiki bukit putih bak Istana kapas. Putih bagai salju. Untuk menuju keatas, kita tidak boleh memakai alas kaki walaupun sandal kita bersih.

Pada saat itu, saya naik bersama teman-teman dan ada salah satu teman yang naik dengan memakai sandalnya. Petugas pun mendatangi kita dan meminta untuk tidak memakai alas kaki bahkan kita terus-terusan diawasi. Semakin keatas, air yang mengalir semakin hangat dan diatas pun banyak dibuat kolam-kolam buatan untuk mandi. Tak hanya itu, banyak juga orang yang memanfaatkan pemandangan ini untuk menjadi spot photography. Tempatnya bagus dan sangat instagramable.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *