Preaload Image

Kairo, Kota Tua dan Pesonanya

Selain piramida agung dan sphinx yang menjadi ikon tersendiri dari Mesir, negara ini memilki sejuta keindahan lainnya yang dapat dijumpai dengan mudah dari awal menginjakkan kaki di Cairo International Airport. Sejauh memandang, tiga puluh menit perjalanan dari bandara menuju kota tua, tepatnya di daerah Darrasa, kita akan disajikan pemandangan perkotaan dengan area apartement yang beberapanya masih dikelilingi oleh padang pasir.

Memasuki kawasan Darassa, kita akan menemukan banyak sekali kedai kopi dengan shishanya yang memenuhi sepanjang jalan, penjual to’miyah, fuul dan ‘isy, salah satu makanan khas mesir, toko-toko buku, dan pernak-pernik khas mesir. Tak lupa turut menambah kecantikan kota ini, di seberangnya, terdapat Universitas Al-Azhar, salah satu institusi pendidikan yang masuk dalam katagori universitas tertua di dunia. Disampingnya tepat berdiri Masjid Al Azhar yang sangat kental dengan sejarahnya dan juga berfungsi sebagai tempat tallaqy dengan para Masyayikh Al Azhar.

Menelusuri kota tua dengan berbagai cerita didalamnya merupakan kewajiban bagi siapapun ketika berada di Mesir. Belum lagi terdapat Masjid Sayyidina Hussain dan makam beliau yang menjadi kunjungan pasti para peziarah dari berbagai negara dan pula Khan Khalili; pusat oleh-oleh yang berada tepat di samping Masjid Sayyidina Hussain. Berbagai pernak-pernik, baju khas Mesir, dan cindera mata dijual dengan harga murah meriah disana.

Ketika matahari mulai meninggalkan peraduannya, kita bisa memasuki kawasan Al Azhar Park dan akan disuguhkan pemandangan Qol’ah Sholahudin dari kejauhan, pemukiman masyarakat kairo, dan terutama senja yang menambah kesan sendu disana. Kairo dan pesonanya, tidak akan bisa dilewatkan begitu saja ketika kita berkunjung ke negeri dengan julukan seribu menara ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *