Preaload Image

Serba-serbi makanan dan minuman Turki

Merhabalar Arkadaşlar.

Nasılsınız?

Kali ini, YBB mencoba memberikan beberapa penjelasan tentang makanan dan minuman Turki yang mungkin belum kita temukan di tanah air tercinta, Indonesia. Penasaran apa saja makanan dan minuman tersebut?

  1. Ayran

Ketika kalian mendengar nama minuman yang satu ini, menurut kalian bagaimana rasanya? manis kah? asin kah? kecut kah? hambarkah? Atau rasanya memang ga jelas seperti hubungan kita. Wkwkwk

Nah, kali ini team media YBB akan membahas tentang minuman tercetar sejagat raya Turki. Jiaahh, alay. Haha…

Bagi kalian yang baru pertama datang ke Turki, pasti kalian akan membenci minuman Ayran ini. Why? Rasa asin yang luar biasa akan kalian rasakan saat pertama kali mencobanya. Eitss… tapi menurut survey yang dilakukan oleh team media YBB, minuman ini sangat disukai oleh mahasiswa senior disini lho.

“Awalnya aku nggak suka sama sekali. Rasa asin nya bikin ngilu. Tapi setelah beberapa tahun disini, lama-lama aku suka. Minuman ini juga mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan.” Ujar salah satu mahasiswi Indonesia di Turki.

Aryan ini kalau di Indoensia bisa juga disebut sepeti Yogurt. Minuman susu yang di fermentasi ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Aryan pun juga memiliki berbagai manfaat yang bagus dan memiliki efek menguntungkan pada fungsi saluran pencernaan, metabolisme, sistem kardiovaskular, lambung, hati, penyakit ginjal. Penasaran dengan rasa Ayran Tukri? Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi minuman ini ya kalau di Turki.

2.Tantuni

Hi readers… Pernahkah kalian melihat daging guling? sudah terbayang bagaimana kelezatannya yang menggiurkan?

Oke next, Pernahkah kalian mencoba Burger?

 

Hmm… Sekarang mari kita satukan mereka berdua. Loh loh, mereka berdua siapa? Apakah reader dengan mimin? Untuk hubungan kita, semoga langgeng terus ya. Kita satukan daging guling dan burgernya, maka jadilah Tantuni.

Tapi Tantuni disini tak pakai daging guling yaa… lah tadi katanya pakai daging guling?

Oke, kita bahas Tantuni yuk…

Tantuni ini berisi daging ayam, tomat, bawang Bombay, kentang goreng panjang, saos, mayones. Penyajiannya seperti burger. Yakni roti panjang dibelah dua, lalu di isi oleh berbagai macam isian.

Nah yang membuat tantuni ini berbeda dengan Burger adalah dagingnya. Daging tantuni diiris tipis, hasil dari daging bakar yang di tusuk menjulang keatas seperti daging guling. Bedanya, daging guling di gulingkan secara horizontal. Namun daging tantuni di gulingkan secara vertical.

Hayo penasaran kan? Yuk ke Turki untuk makan Tatuni sama mimin.

3. Durum

Durum? Hmm… Kalian pasti tahu makanan lezzat yang satu ini. Kalau di Indonesia kita sering menyebutnya Kebab.

Nah kok bisa? Durum ini bentuknya bulat lonjong. Isinya daging ayam, kentang, tomat, acar,mayones, saos. Isian dari Durum ini lalu di gulung dengantepung yang dipentuk tipis . Hmm nyam nyam… Dijamin kalian bakal ketagihan.

4. Doner

Makanan khas yang satu ini tidak lebih jauh dengan Durum yang sudah kita bahas tadi. Yang membedakannya adalah Doner ini dibungkus dengan roti panjang. Kalau di bungkusnya dengan tepung namanya jadi Durum. Terus kalau dibungkusnya dengan “Akad”, ya itu mungkin adalah takdir Tuhan yang menyatukan kita. Mimin nya masih jomblo loh.

6. Kebab

Waw Kebab… pasti namanya nggak asing di telinga kalian ? Yaps, Kebab Turki sebenarnya  berbeda dengan Kebab yang ada di Indonesia.

 

            Lha ko bisa min ? bilmem (read : I don’t know) *bahasa turki

 

            Nah, yang disebut Kebab di Turki adalah daging yang digunakan untuk mengisi durum atau Kebab di Indoesia. Daging ini pun juga bisa diproses dari daging Ayam atau Sapi yang dipanggang dan dipotong tipis-tipis. Wuaah mantapp bukan? Mau coba? Yuk ke turki. Hehe

 

6. Sarma

Apa yang terbesit di pikiran kalian jika mendengar makanan tradisional? Hmm… makanan yang akan mimin bahas kali ini adalah makanan tradisional turki.

 

            Yaps, sarma namanya. Cantik kan namanya? kaya doi *eh. Wkwk

 

            Sarma ini sering di jumpai pada saat hari raya. Seperti hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Pemudi-pemudi desa biasanya pandai dalam membuat sarma.  Jadi, kalau kalian dapat jodoh cewe turki, kemungkinan besar dia bisa buat sarma lho… Mau dapat jodoh cewe Turki? Mimin juga mau, kalian jangann duluin mimin ya.

 

            Jika di kota-kota besar, sarma biasanya dapat di jumpai dalam restoran atau tempat makan tingkat menengah. Untuk masalah rasa, jangan khawatir. Rasanya muanteppp rekk… Sedikit agak kecut, tapi kenyal. Nasi yang dibungkus dedauan asli turki, menjadi ciri khas makanan sarma itu sendiri.

 

            Penasaran? yuk cobain 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *