4 Tema SDGs Menjadi Titik Fokus Diskusi Istanbul Youth Summit 2024 dengan Pembicara yang Ahli di bidangnya.

4 Tema SDGs Menjadi Titik Fokus Diskusi Istanbul Youth Summit 2024 dengan Pembicara yang Ahli di bidangnya.

Sustainable Development Goals merupakan sebuah cita – cita yang disepakati dan tujuan bagi setiap bangsa. Sustainable Development Goals (SDGs); pembangunan berkelanjutan merupakan sebuah aksi global yang telah disepakati oleh para pimpinan dunia untuk memberantas kemiskinan, kesenjangan, dan juga perlindungan lingkungan hidup. Aksi global ini berisikan 17 tujuan dengan menargetkan 169 hal yang harus dicapai setidaknya pada tahun 2030. Ide dan gagasan ini bukan hanya menjadi perhatian dari para pemimpin dunia, melainkan seluruh dunia. Pemuda diharapkan bisa menjadi para agen yang mampu untuk mencapai target SDGs 2030.

Oleh karena itu, Youth Break The Boundaries melalui konferensi internasional seperti Istanbul Youth Summit ingin menjadi bagian dalam perjalanan pemuda seluruh dunia untuk bekerjasama dan bergandengan tangan dalam mencapai target SDGs 2030. Ide dari pembangunan berkelanjutan itu membuat Istanbul Youth Summit (IYS), sebuah platform diskusi bagi para pemuda, turut serta mencanangkan ide dan memberikan perubahan untuk menjadi bagian dari aktor non-negara, atau organisasi yang membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan dan hubungan internasional.

Istanbul Youth Summit sendiri merupakan bagian acara yang diselenggarakan oleh YayasanPemuda Penembus Batas (Youth Break the Boundaries Foundation; YBB) di mana Yayasan ini bergerak untuk memberikan info studi di luar negeri, kegiatan yang dapat diikuti pemuda Indonesia dalam lingkup internasional, dan juga info beasiswa luar dan dalam negeri. YBB juga berperan dalam mendidik karakter kepemimpinan pemuda di Indonesia di lingkup dunia internasional.

Dalam perhelatan yang ke-7, Istanbul Youth Summit 2024 mengusung tema “Innovation and Collaboration: Unlocking Youth-driven Solutions for Sustainability” sebagai tema besar acara, hal ini dikarenakan Istanbul Youth Summit berupaya untuk menjadi organisasi yang akan selalu berinovasi dan mengutamakan kolaborasi antar berbagai pihak dengan berfokus pada pengembangan kepemimpinan pemuda. Melalui Istanbul Youth Summit pemuda juga ditantang untuk memberikan kontribusi kepada negera asal mereka di kancah internasional.

Istanbul Youth Summit akan diselenggarakan di Istanbul, Turki mulai dari tanggal 4 Maret dan berakhir pada 7 Maret 2024. Konferensi ini akan mengusung beberapa sub-tema yang bisa menjadi topik diskusi oleh seluruh delegasi, yakni Istanbul Youth Summit mengangkat 4 dari 17 tujuan SDGs yang menjadi titik fokus dalam pengembangan ide yang ada. Keempat pilihan tujuan SDGs tersebut, diantaranya:

  1. Health and Well-being (SDG 3)
  2. Quality Education (SDG 4)
  3. Decent Work and Economic Growth (SDG 8)
  4. Climate Action (SDG 13)

Agar fokus pada kelima tema pilihan SDGs, maka Istanbul Youth Summit mengharuskan calon peserta atau delegasi dari masing – masing – masing negara untuk membuat sebuah sosial projek yang dapat menumbuhkan kemawasan diri dalam pentingnya pembangunan berkelanjutan demi negara yang lebih maju dan perbaikan kualitas berfikir para pemuda yang akan menjadi pemimpin masa depan. Oleh karena itu, sebelum berpartisipasi langsung sebagai delegasi, peserta diharapkan untuk membuat essay terkait topik pilihan mereka terlebih dahulu. 

Selain itu, delegasi juga akan mendapatkan pelatihan dari berbagai mentor hebat yang ahli di bidangnya masing – masing sebelum mempresentasikan  social project yang mereka buat. Hal tersebut diperlukan mengingat Istanbul Youth Summit juga menghadirkan pembicara dan juri yang hebat, khususnya dengan fokus utama pada SDGs. Berbagai speaker yang diundang juga berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari akademisi hingga influencer ternama. Diharapkan bahwa dengan hadirnya para speaker hebat ini, delegasi bisa melihat SDGs dengan jauh lebih luas dan beragam, dan mampu menyadarkan bahwa SDGs merupakan tanggung jawab bersama. Berikut merupakan detail expert yang akan diundang menjadi pembicara pada Istanbul Youth Summit 2024:

  1. Adisty Ghaisani Muthiah M.Psi (Learning Consultant/Psychologist)
  2. Hira Listya Pinastika (Scincare Scientist)
  3. Manal Boujnir (CEO of Scholarship Everyday)
  4. Neona Ayu (Brand Ambassador of Emina)
  5. Nida Ashraf (Corporate Paralegal)
  6. Fakhri Firdaus (Business Development of Dayalima Abisatya)
  7. Agustino Toko Susetio (Head of CSR and Institutional Relations, PT. Antam Tbk
  8. dr Cindy May (Miss International Indonesia 2022, Medical Doctor, Actrees, Auditor and Model)
  9. Erkan Girisit (Coordinator of Turkiye Mezunlari of YTB Scholarship)
  10. Mariesa Wiedha (Consulate general of The Republic of Indonesia in Istanbul, Turkiye)
  11. Dr. Sahin Yaman (International Trade Advisor – Health Industry Employers’ Association of Turkiye)

Berbagai pembicara yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi pemuda dari penjuru dunia. Oleh karena itu, Istanbul Youth Summit menarik banyak perhatian peserta dari seluruh dunia, khususnya bagi kalangan pemuda. Istanbul Youth Summit 2024 sendiri menghadirkan sekitar 152 peserta dari 27 negara. Keberagaman yang tercipta melalui konferensi ini membuat para speaker merasa bahwa ini menjadi kesempatan yang luar biasa bagi pemimpin pemuda untuk mengasah kepemimpinan dan keterampilan, khususnya kemampuan berkomunikasi dan berjejaring. “Salah satu cara terbaik untuk menjadi pemimpin terbaik masa depan adalah dengan memperluas jaringan sosial dengan banyak orang lainnya, sehingga menurut saya Istanbul Youth Summit bisa menjadi salah satu platform terbaik bagi para pemuda yang ingin meningkatkan skill kepemimpinan” ujar Fakhri Firdaus, Business Development of Dayalima Abisatya (Selasa, 5 Maret 2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *